Minggu, 01 Februari 2009

Perjalanan Hajiku bersama Jamaah At-Taqwa Tg. Priok

Assalamualaikum wr.wb.

Dalam kesempatan yang sangat berbahagia ini marilah kita panjatkan senantiasa puji syukur kehadhirat Allah SWT yang telah memberikan kita semua segala macam nikmat, terutama nikmat Iman dan Islam sehingga kita masih diberi kesempatan untuk menunaikan Rangkaian Ibadah Hajji ke Tanah Suci Makkatul Karomah, Madinatul Munawaroh, Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah dan Mina untuk melontar Jumroh Aqobah, Wustho dan Ulla.

Masih terbayang dalam ingatanku semua peristiwa yang berhubungan dengan kegiatan mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan Ibadah Hajji yang belum lama kami laksanakan beserta jamaah Yayasan At-Taqwa Tanjung Priok Jakarta Utara.

Kita sama-sama mengetahui bahwa ibadah haji adalah merupakan Rukun Islam yang ke -5Dalam Firman Alloh SWT Surat Ali Imron ayat 97 dikatakan :
Yang artinya :
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Kronologi Hajiku bersama Isteri dan Jamaah Yayasan At Taqwa.

  • Tgl. 04 Nopember 2008 Koper besar hajiku dan isteri yang dilengkapi jarring-jaring tambang plastic yang berguna sebagai pengaman koper tetap kuat (lengkap berisi bekal ) kuserahkan di Yayasan At Taqwa yang dipimpin oleh Hj. Uniyah yang mengurusi segala keperluan persiapan sampai rencana pemberangkatan lusa pada gelombang pertama ( kloter 5 ) .
  • TGl. 06 Nopember 2008 Jam 05.00 setelah Sholat Subuh dan Sholat Sunat Safari dan diiringi do’a dari Sanak saudara , kerabat kami bersiap menuju Mobil Avanzaku yang dikendarai Anaku yang Sulung Riesky Hero sambil menyalami Sanak saudara dan kerabat dekat aku segera memasuki mobil dengan penuh rasa haru yang begitu dalam bercampur rasa2 lainnya dengan mengucap Bismillah Amantu Billah Tawakaltu Alalloh La Haula wal kuwwata Illa Billahil Aliyil Azim hingga sampai di Yayasan pukul 06.00 dimana suadah banyak calon haji dan hajah berkumpul dengan seragam batik dan Jaket Biru Muda yang merupakan cirri khas Seragam Haji Indonesia.
  • Pada hari itu juga sekitar pukul 08.00 setelah diadakan doa bersama oleh Yayasan kami menuju Mobil Bis yang akan mengantar jamaah haji menuju PHI Pondok Gede dengan tidak lupa menyalami pengantar dari keluarga kami sambil mernahan perasaan sedi, haru , bahagia dan perasaan lain hamper tidak sanggup aku memandangi anaku, saudaraku , kerabatku dan tak terasa air mata deras mengucur membasahi pipiku setelah Mobil bis bergerak meninggalkan semua yang harus kutinggalkan.
  • Di PHI Pondok Gede Aku dan Isteri ditempatkan kamar terpisah dan memulai segala ibadah sholat selalu ke Mesjid PHI hingga pukul 00.30 ( tgl. 07 Nopember 2008 ) kami bersiap-siap menuju Bis Jemputan Kloter 5 yang dijadwalkan menuju Bandara Sukarno-Hatta dengan selalu membaca Doa Pergi dan bacaan Talbiah ( Labbaik Allohumma Labbaik………) dan tiba di Bandara sekitar pukul 02.00 langsung antri ke Bording Pass sampai pukul 04.00 kami duduk di ruang tunggu Bandara hingga selesai Sholat Subuh berjamaah langsung antri menuju Pesawat berlogo Garuda ( Pesawat Sewaan dari Thailan ? ) sesuai dengan Nomor tempat duduk Aku dan Isteri yaitu No. Kursi 204 dan 205 yang terletak di sisi Sayap Pesawat.

  • Pesawat Boing 747 membawa jamaah sebanyak 450 orang mulai Take Off sekitar pukul 06.00 WIB begitu mulus dengan diiringi doa dari masing2 jamaah , sekitar 9 jam Pesawat berada diudara dengan ketinggian hingga 37.000 feet dan suhu – 15 deg F akhirnya sampailah di Bandara Madinah pada pukul 11.00 Waktu Madinah dan dihantar Bis menuju Pemeriksaan Passpor . Ada sedikit kejadian aneh setelah pemeriksaan paspor isteriku dan sebelumnya lancer dan cepat tetapi pada pemeriksaanku Aku diambil cap sidik jariku dan photo wajahku tapi aku tetap tenang ( mungkin antara photo yang ada di paspor dan asli wajahku masih kurang meyakinkan ya? ) dan pada akhirnya lolos juga sih pemeriksaan paspor kemudian antri pemeriksaan pisik sebelum ketempat Bis pengantar rombongan 6 dan pasporku dikumpulkan Petugas Bandara dan diganti dengan pemberian buku petunjuk berhaji.

  • Setelah Paspor diterima Ketua Rombongan 6 dan pemeriksaan terhadap seluruh jamaah Yayasan At Taqwa ( anggota Yayasan semua 44 jamaah ) Bis diberangkatkan sekitar pukul 13.30 menuju Hotel Al Majd Season Madinah dan tiba di Hotel sekitar pukul 15.00 langsung antri Check In lantai 3 kamar no.205 yang berisi 2 keluarga ( kamar lain berisi 3 keluarga ) dan mencari Tas Koper masing2 ( Tas Koperku mudah dicari karena aku beri Tanda khusus dengan pita kuning dibagian atas koper ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar